Meningkatkan Kualiatas Foto Jadul

Wednesday, June 1, 2016

Kerusakan pada sebuah gambar/foto sama dengan fashion, bersifat sangat subjektif. Jika Anda menunjukkan sebuah set foto yang sama ke lima orang dan memintanya untuk mengomentari kesalahan dan kerusakan foto tersebut, Anda mungkin akan mendapatkan lima jawaban yang berbeda. Alasannya adalah setiap orang akan memiliki hal-hal yang menurutnya mengganggu dirinya sendiri. Sebuah foto yang miring mungkin dianggap mengganggu bagi beberapa orang, sedangkan yang lain mungkin tidak menyukai foto dengan debu pada sensor kamera. Beberapa aspek dari sebuah gambar bisa saja "salah", tapi mungkin juga bisa menjadi sebuah foto yang sempurna.


Karena kerusakan itu sangat subjektif, disarankan Kita untuk bertanya kepada klien atau konsumen akhir (jika mungkin) terkait apa yang perlu diperbaiki. Ajukan pertanyaan misalnya, apakah Anda menginginkan sesuatu yang berbeda atau adakah yang lebih baik? Anda akan sering terkejut dengan jawabab mereka. Terkadang, memperbaiki sebuah gambar akan semudah crop atau mengoreksi warna, tapi biasanya kita perlu menghapus atau menambah sesuatu dalam sebuah gambar. Seperti itulah dunia sekarang, penuh dengan rekayasa digital dan  semua itu bisa Anda lakukan di Photoshop.

Di bagian ini, kita akan belajar untuk menangani masalah-masalah yang biasa terjadi pada gambar seperti kerusakan fisik seperti, sobek, terlipat, tergores, atau memudar serta masalah-masalah digital lainnya seperti langit mendung atau noise. Kita akan fokus pada teknik yang bisa Anda lakukan dalam waktu kurang dari 10 menit. Dengan latihan, Anda dapat memperbaiki 80% masalah dalam waktu 10 menit, dan 20%nya lagi Anda akan pelajari sambil belajar dan latihan.

Toolbox untuk Retouch


Proses untuk membuat tampilan foto lebih baik sering disebut sebaairetouching sedangkan proses memperbaiki foto yang rusak disebutrestorasi. (Nantinya saya akan banyak menggunakan kedua istilah ini.) Karena ada banyak masalah berbeda yang bisa muncul pada foto, maka Photoshop menawarkan beberapa tools yang dapat digunakan untuk menjawab masalah ini. Bagi pemula, masalah yang biasanya timbul adalah bagaimana memutuskan tools mana yang akan digunakan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena dengan sedikit belajar dan latihan, Anda akan menguasai tools ini dengan sendirinya. Di postingan-postingan berikutnya, kita akan mempelajari bagaimana tools-tools ini bekerja dan tentunya kita akan latihan satu per satu. Namun sebelumnya, pahami bahwa sebagian besar tools ini menggunakan perilaku brush. Pastikan Anda telah mengatur tools painting Anda baik ukuran dan tools lainnya yang bisa Anda atur di kotak dialog Preference (Edit > Preference).

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment